Sudah Tahu Belum Segudang Manfaat Dari Daun Sirsak?

Posted on Posted in Kesehatan

Penyakit maag atau radang lambung yang banyak diderita oleh masyarakat dewasa ini. Magg terjadi karena buruknya pola makan seseorang atau bisa juga disebabkan karena adanya infeksi pada saluran cerna. Apabila tidak segera ditangani, maka penyakit maag dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius.
mengeringkan luka

Mengatasi sakit maag
Daun sirsak mengandung senyawa anti-ulceritis atau anti peradangan yang bisa melindungi dinding lambung, menghambat produksi asam lambung, dan juga membunuh bakteri penyebab infeksi dalam saluran cerna.

Dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak maka bisa mengurangi infeksi pada lambung dan juga meredakan sakit akibat infeksi tersebut.

Memperkuat sistem imun
Memperkuat sistem imun pada tubuh kita merupakan satu manfaat dari daun sirsak. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak sanggup meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme serta radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Dalam daun sirsak juga terdapat kandungan zing yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Saat anda merasakan gejala flu atau demam, anda dapat segera mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh anda.

Mengobati jaundice
Dalam daun sirsak mengandung ekstrak ethanol yang mempunyai efek postif pada organ hati. Senyawa ini sanggup untuk melindungi liver atau hati dari racun serta efek radikal bebas. Di negara Ghana, daun sirsak telah lama digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan dan juga untuk mengobati berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ hati atau liver seperti jaundice yang disebabkan oleh virus hepatitis atau penyakit kuning.

Penyakit ini menyebabkan kulit serta sclera mata seseorang berwarna kuning karena tingginya kadar bilirubin dalam darah. Penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun sirsak sanggup untuk menurunkan kadar bilirubin dalam darah pada penderita jaundice.

Mengobati diare
Diare merupakan suatu gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar serta tinja dalam bentuk cair.

Penyakit diare ini menempati peringkat ketiga belas yang menjadi penyebab kematian di Indonesia. Diare disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena infeksi parasit seperti bakteri Escherischia coli.

Pada sebuah penelitian di tahun 2014 menunjukan bahwa ekstrak methanol yang terkandung dalam daun sirsak sanggup mencegah pertumbuhan bakteri serta parasit termasuk bakteri Escheriscia coli yang menjadi penyebab diare.

Jika anda mengalami salah satu penyakit diatas, faroka sarankan untuk segera memetik daun sirsak kemudian rebus daun sirsak. Minum secara rutin daun sirsak tersebut. Lakukan setiap hari dan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *