Gangguan dan Penyakit Yang Disebabkan Dari Sistem Pencernaan Didalam Tubuh Kita

Posted on Posted in Kesehatan

Sistem pencernaan adalah bagian vital yang harus diperhatikan kesehatannya agar berfungsi dengan maksimal karena tubuh kita mendapatkan nutrisi melalui sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kita baik, maka penyerapan nutrisi didalam tubuh akan maksimal sehingga tubuh menjadi sehat dan kuat.
Sistem pencernaan pada manusia terbagi dua kelompok utama yaitu pertama, saluran pencernaan yang terdiri dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Kedua, organ pencernaan tambahan terdiri dari gigi, lidah, kantung empedu, dan kelenjar pencernaan seperti kelenjar hati, kelenjar ludah dan kelenjar pankreas.

Gangguan pada sistem pencernaan umumnya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Makan kurang teratur.
2. Makan sambil minum air.
3. Kebiasaan makan terlalu cepat tanpa mengunyah makanan dengan sempurna.
4. Stress berkepanjangan.
5. Organ yang sudah tidak berfungsi, seperti gigi yang tidak lengkap dan lain sebagainya.

Kondisi seperti ini jika dibiarkan secara terus-menerus dan berkelanjutan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan, serta berpotensi menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan.

Dibawah ini agen fiforlif semarang sajikan beberapa macam penyakit yang disebabkan dari sistem pencernaan kita, diantaranya:

1. Sakit Gigi

Gigi berlubang disebut juga karies. Bagaimana rasanya sakit gigi? Tentu saja tidak enak makan apapun. Sakit gigi sebenarnya perlu diwaspadai. Karena sakit gigi dapat mengganggu organ tubuh lainnya, seperti jantung, mata, dan ginjal.

2. Gastritis

Gastritis adalah peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung. Penyebabnya adalah karena memakan-makanan yang mengandung kuman penyakit. Kemungkinan juga disebabkan karena kadar asam klorida pada lambung yang terlalu tinggi.

3. Sariawan

Ketika terkena sariawan, bibir dan lidah terluka dan terasa perih pada saat makan. Biasanya orang yang terkena sariawan menjadi malas makan, sehingga kondisi tubuh menjadi menurun. Penyebabnya adalah gpanas dalamh atau adanya luka pada rongga mulut dan lidah. Orang yang mudah terkena serangan sariawan kemungkinan karena kekurangan vitamin C atau daya tahan tubuhnya lemah.

4. Diare

Diare yaitu penyakit di mana si penderita mengalami buang air besar bercampur air berkali-kali dalam sehari. Penyebab diare yaitu peradangan usus yang disebabkan oleh penyakit lain seperti kolera maupun disentri. Seringkali diare biasanya juga disebabkan oleh virus, bakteri, alergi, atau karena kurang gizi.

Orang yang sedang diare akan kehilangan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh dan jika diare berlangsung waktu yang lama, si penderita dapat mengalami dehidrasi. Kondisi kesehatan pada anak-anak yang sedang mengalami diare biasanya cepat menurun. Berat badan menjadi turun drastis.

5. Konstipasi

Konstipasi atau yang disebut juga dengan sembelit adalah keadaan seseoang dengan gejala fases mengeras sehingga susah untuk dikeluarkan. Sembelit disebabkan oleh adanya penyerapan air pada sisa makanan. Ini dapat terjadi dari kebiasaan buruk yang menunda-nunda buang air besar. Selain itu, karena kurangnya penderita dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, kurang minum, stres, dan lain-lain. Oleh sebab itu, perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran berserat untuk cara menurunkan berat badan, minum banyak air, makan secara teratur, dan olahraga secara teratur dapat mencegah gangguan terjadinya hal tersebut.

6. Maag

Penyakit ini sering disebut juga dengan sebutan tukak lambung atau adanya luka pada lambung. Organ pencernaan yang diserang pada saat maag adalah lambung atau usus dua belas jari. Gejalanya adalah pegal-pegal di punggung 1-2jam setelah makan ataupun saat perut kosong. Gejala yang sering terjadi dari penyakit maag adalah mual, kembung, dan muntah-muntah. Gejala lain yang dapat dirasakan adalah kurang nafsu makan dan berat badan turun.

Demikian adalah gangguan dan penyakit yang disebabkan dari sistem pencernaan didalam tubuh kita, maka dari itu sangatlah penting menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *