Beberapa Metode Untuk Cek Kesehatan Paru – Paru Anda

Posted on Posted in Kesehatan

Apakah anda ingin terhindar dan bebas dari berbagai penyakit paru-paru seperti emfisema dan bronkitis? Atau mungkin akhir-akhir ini anda sering merasa sulit bernafas ketika beraktivitas?

Jika iya, tidak ada salahnya anda segera melakukan tes spirometri karena siapa tahu sedang terjadi gangguan pada paru-paru anda. Dengan tes spirometri akan bisa diketahui berapa volume udara di paru-paru, seberapa baik aliran pernafasan anda serta bisa membantu mendiagnosa penyakit paru-paru yang mungkin diderita. Dalam tes spirometri menggunakan sebuah alat bernama spirometer.

harga alat spirometer

Untuk melakukan tes spirometri juga tidak sulit, karena sekarang sudah banyak klinik atau rumah sakit yang melayani atau menyediakan fasilitas spirometri. Banyaknya rumah sakit yang melayani spirometri juga disebabkan karena sekarang sudah makin menjamurnya toko-toko alat kesehatan yang jual spirometer sehingga makin mudah pula dalam mendapatkan alat ini. Harga alat spirometer sendiri cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan klinik atau rumah sakit.

Tes spirometri ini cukup sederhana dan cepat, biasanya waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10 menit. Proses pemeriksaannya kurang lebih seperti ini : Kita diharuskan untuk menarik nafas panjang dalam satu tarikan kemudian menghembuskannya secara cepat ke alat spirometer. Spirometer ini nantinya akan menghitung jumlah atau kapasitas udara pada paru-paru kita.

Untuk kapasitas udara (oksigen) yang normal adalah sekitar 3-4 liter. Besar kecilnya kapasitas udara dalam paru-paru biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, tinggi dan berat badan serta jenis kelamin.

Pemeriksaan spirometri juga biasa dilakukan pada orang atau pasien yang hendak dioperasi untuk mengetahui berapa kemampuan dan volume maksimal dari paru-parunya. Dengan alat spirometri juga bisa diketahui kemampuan dari otot paru-paru.

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan tes spirometri adalah dengan tidak merokok sejam sebelum dilakukan pemeriksaan, tidak meminum minuman beralkohol 4 jam sebelum pemeriksaan, tidak melakukan kegiatan yang cukup berat 30 menit sebelumnya serta tidak makan makanan yang berat 2 jam sebelum tes spirometri.

Untuk anda para perokok sebenarnya sangat dianjurkan melakukan tes spirometri, karena kinerja paru-paru yang tidak optimal biasanya sering dialami oleh para perokok, dimana paru-parunya sering kemasukan zat tar dan nikotin yang ada pada rokok. Namun buat anda yang bukan perokok jangan bersenang hati dulu, karena kesehatan paru-paru sangat dipengaruhi keadaan lingkungan sekitar kita.

Untuk mengecek kondisi paru-paru anda coba berjalan secara cepat, jika anda hobi begadang atau sering bekerja ditempat yang udaranya banyak debu dan zat kimia, biasanya akan mudah terengah-engah. Dari hal ini bisa dilihat betapa paru-paru kita sangat rentan dengan ancaman dari luar. Jadi selalu perhatikan dan jagalah organ paru-paru anda. Dengan selalu menjalankan pola hidup sehat, menghindari yang namanya rokok dan pastinya dengan rajin berolahraga pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *