Harga emas – Investasi emas syariah – Cara Menyimpan Emas

Posted on Posted in Bisnis

Investasi emas syariah setelah melakukan koleksi yang berikutnya akan dihadapi adalah bagaimana cara menyimpan emas yang kita miliki. Banyak cara dilakukan orang untuk investasi ems syariah yang dapat menyimpan emas baik yang berbentuk perhiasan maupun yang saat ini sedang trend di kalangan perkotaan yaitu emas batangan. seperti yang di kutip oleh harga emas

Cara Selamat Simpan Emas

Untuk perhiasan tentunya bukanlah hal yang sulit untuk dapat menyimpannya, jikalau hanya memiliki 1 atau 2 perhiasan maka cukup dikenakan dianggota tubuh saja. Namun bagaimana jika kita memiliki emas batangan, tentunya tidak bisa ditempelkan ke bagian tubuh kita. tapi jika hanya 1 atau 2 keping, mungkin masih bisa kita simpan di dalam dompet atau kantong celana yang tentunya beresiko hilang atau tercecer.

Berikut ini beberapa tips menyimpan emas :

Investasi emas syariah – Cara Menyimpan Emas

1. Simpan Emas di Bank
Jika selama ini kita mengenal bank hanya sebagai tempat melakukan aktifitas perbankan seperti menyimpan uang, penarikan uang, deposito dll ternyata di beberapa bank juga menyediakan fasilitas yang namanya Safe Deposit Box (SDB) yaitu sebuah layanan perbankan untuk dapat menyimpan dokumen-dokumen penting dan bisa juga kita manfaatkan sebagai cara menyimpan emas. Biaya tiap bank berbeda-beda dan lamanya waktu sewa juga bervariasi, biasanya sewa dilakukan per tahun. Sebagai contoh biaya safe deposit box di BNI untuk ukuran terkecil adalah 100 ribu per tahun, ukuran sedang 250 ribu per tahun dan ukuran besar 700 ribu per tahun. Tentunya dalam investasi emas syariah harus diperhitungkan pula nilai emas dengan biaya sewa, jangan sampai kita memiliki 5 gram emas, tp disimpan di SDB, pastinya tidak terlalu menguntungkan. Jadi pertimbangkan kembali berapa gram emas yang optimal bila harus disimpan di Safe Deposit Box. Syarat untuk dapat sewa di Safe Deposit Box biasanya foto copy KTP, foto dan mengisi formulir yang disediakan. Yang pasti menyimpan emas di bank syariah sebagai bentuk investasi emas syariah.

2. Simpan Emas di Rumah
Secara tradisional kita biasanya cara menyimpan emas di dalam lemari, di laci atau mungkin di bawah tempat tidur. Investasi emas syariah, tidak harus penyimpanan emas dilakukan di bank. Tapi Investasi emas syariah bisa juga cara menyimpan emas di rumah. Berikut ini bisa menginspirasi anda melakukan dengan cara yang berbeda :

2.1 Di Ruang atap,
Agak aneh terdengarnya dalam investasi emas syariah ini. Tapi investasi emas syariah cara menyimpan emas ini menarik. Setiap rumah pasti memiliki ruang diantara plafond dan atap genteng. Nah ini yang akan kita manfaatkan untuk menyimpan emas. Tapi harus diingat, emas harus dimasukan kedalam brankas / tas atau box terlebih dahulu untuk menandai dan mempermudah pengaturan. Syarat emas di simpan di ruang ini adalah ruang tersebut tidak berbagi dengan rumah tetangga atau dapat dimasuki dari rumah sebelah anda. Dan sekiranya ada pengerjaan renovasi rumah, pastikan anda sudah mengamankan emas tersebut jika tidak ingin emas tersebut berpindah tangan.

2.2 Dibawah lantai
Investasi emas syariah bentuk penyimpanannya juga bisa dibawah lantai. Pasti setiap rumah memiliki lantai dari keramik atau granit. Bisa dilakukan modifikasi terhadap 1 lantai yang dapat diangkat dan kita akan meletakan emas ke dalam lantai tersebut. Usahakan lantai tersebut yang jarang dilalui orang, misal lantai dibawah tempat tidur, di bawah lemari yang mudah di geser, dibawah sofa dll. Juga pastikan tidak terjangkau oleh pembantu saat dia melakukan aktifitasnya. Dua hal tersebut cukup aman dan tidak terpikirkan oleh orang yang berbuat jahat sekalipun.

2.3 Dalam brankas
Yang lain dalam cara menyimpan emas yang aman adalah brankas. Ini juga termasuk investasi emas syariah. Tapi perlu diingat bahwa walaupun brankas tersebut terbuat dari bahan yang kokoh, namun peletakan brankas tersebut harus menjadi perhatian. Brankas terdiri dari berbagai bahan yang tahan terhadap api, sehingga cocok digunakan untuk mempertahankan kualitas barang didalamnya. Brankas yang ringan, akan mudah dibawa oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pastikan terhadap brankas yang ringan disimpan di ruang yang tersembunyi. Demikian investasi emas syariah dalam menyimpan emas yang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *