Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba Sebelum Menjalankannya

Posted on Posted in Bisnis

Banyak orang yang berpikir lebih baik menjadi pebisnis waralaba ketimbang memulai bisnis dari nol. Iming-iming bisnis waralaba yang mudah dijalankan dan modalnya murah, menjadi godaan bagi para calon pengusaha. Tapi apakah kita sudah mengetahui apa kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba?

Dikutip dari beberapa sumber terpercaya, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sebuah usaha waralaba yang wajib Anda ketahui.

Kelebihan Bisnis Waralaba

Semua model bisnis pasti memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan model bisnis lainnya, demikian juga dengan usaha waralaba ini. Dengan beberapa kelebihannya, bisnis waralaba terbukti telah menjadi salah satu primadona dalam dunia bisnis saat ini.

1. Bisnis Waralaba Memiliki Manajemen yang Baik

Ini adalah kelebihan pertama yang bisa kita dapatkan dari usaha franchise. Pemilik waralaba telah bersusah payah membangun bisnis tersebut dengan membangun sistem manajemen yang baik sehingga mendapatkan reputasi yang baik. Dengan ide yang unik, brand populer, dan sistem manajemen bisnis yang sudah terbukti bisa dijalankan di lokasi lain.

2.  Brand yang Populer di Masyarakat

Dengan menjalankan bisnis franchise yang sudah populer di masyarakat, tentunya proses pemasaran akan sangat terbantu. Biaya dan tenaga untuk proses marketing akan lebih hemat. Selain itu, reputasi brand waralaba yang sudah dipercaya masyarakat juga bisa menjadi pemicu kesuksesan para mitra mereka.

3. Manajemen Keuangan yang Lebih Mudah

Bisnis waralaba yang baik bisa dilihat dari sistem manajemen keuangan yang berjalan dengan baik. Dengan memiliki manajemen keuangan yang baik, tentunya investor akan lebih percaya untuk mengeluarkan uang untuk membeli sebuah waralaba.

4. Bekerja Sama Dengan Pihak Lain

Dalam menjalankan usaha, pasti akan membutuhkan kerjasama dengan pihak lain, misalnya supplier bahan mentah dan vendor periklanan. Bila sebuah brand sudah memiliki kerjasama dengan supplier terpercaya, maka ini akan sangat menguntungkan bagi mitra yang baru bergabung sehingga tidak perlu mencari supplier.

5. Dukungan Dari Franchisor

Dalam menjalankan bisnis waralaba, Anda pasti membutuhkan bantuan dan dukungan dari pihak franchisor. Dukungan ini bisa dalam bentuk pelatihan, penyediaan bahan baku, proses pemasaran, hingga konsultasi mengenai standar pelaksanaan bisnis. Pastikan franchisor bersedia memberikan dukungan kepada Anda.

Kekurangan Bisnis Waralaba

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga halnya dengan usaha waralaba. Bisnis ini punya kekurangan yang harus Anda ketahui sejak awal. Apakah kekurangan ini masih dapat diterima atau tidak, ini kembali lagi kepada si pembeli waralaba yang akan menjalankannya.

1. Kurang Kendali Terhadap Bisnis

Ini adalah kekurangan yang paling menonjol di bisnis waralaba. Anda sebagai pembeli waralaba tidak bisa mengendalikan bisnis sepenuhnya karena sistem bisnis sudah baku dari si pemilik waralaba. Hal ini seringkali membatasi pembeli waralaba sehingga tidak bisa mengeluarkan kreatifitasnya secara maksimal.

2.  Terikat Dengan Supplier

Biasanya pemilik waralaba sudah menentukan supplier untuk memasok bahan baku kepada para mitra mereka. Hal ini bisa menjadi kelebihan dan juga sekaligus kekurangan. Ada saja supplier yang memberikan harga yang lebih mahal untuk bahan baku yang mereka jual, sehingga ini bisa mempengaruhi keuntungan bisnis yang dijalankan.

3. Reputasi Mitra Lain Mempengaruhi Bisnis

Poin ini juga bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan bisnis waralaba. Mitra yang lebih dulu bergabung bisa saja memiliki performa yang buruk dan mendapat reputasi buruk dari konsumen. Hal ini bisa berimbas pada bisnis Anda juga bila membeli brand yang sama, dan pada akhirnya bisa merusak sebuah brand secara keseluruhan.

4. Adanya Biaya Waralaba

Memang ada waralaba yang tidak memberlakukan royalti fee, tapi sebagian besar waralaba pasti memberlakukan hal ini. Biaya ini biasanya adalah untuk biaya pelatihan lanjutan dan biaya konsultasi bagi para pembeli waralaba.

Memang saat ini ada begitu banyak peluang usaha yang terlihat menggiurkan, tapi sebaiknya jangan terburu-buru dalam memilih bisnis yang akan dijalankan. Perhatikan Beberapa poin penting yang disebutkan di atas agar tidak salah memilih waralaba.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba yang harus kita ketahui sejak awal. Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa melangkah dan menentukan apakah kita tetap menjalankan usaha waralaba tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *