Mengonsumsi Green Coffee, Inilah Manfaat yang Didapat

Posted on Posted in Kesehatan

Mengonsumsi Green Coffee, Inilah Manfaat yang Didapat-Green coffee atau kopi hijau merupakan sebuah kopi yang belum dipanggang, sehingga warna biji kopinya masih berwarna hijau. Hal ini disebabkan dengan proses pemanggangan biji kopi maka akan dapat mengurangi jumlah dari asam klorogenat. Pada dasarnya kopi hijau mempunyai tingkat asam klorogenat yang jauh lebih tinggi dari kopi biasa.

Disebut – sebut bahwa asam klorogenat ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Kopi hijau menjadi populer karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan. Selain itu jenis kopi ini juga dapat digunakan untuk membakar lemak dengan cepat tanpa diselingi dengan olahraga tambahan. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan atau membakar lemak tubuh, kopi hijau ini juga biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, Alzheimer, dan juga infeksi bakteri.

Manfaat Green Coffee

Ekstrak kopi hijau ini terbukti mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Kandungan utama yang banyak memberikan manfaat ialah dengan adanya kafein dan juga asam klorogenat, berikut adalah beberapa manfaat dari kopi hijau:

  • Menurunkan Berat Badan

Manfaat utama yang dapat anda rasakan jika mengonsumsi green coffee ialah dapat menurunkan berat badan. Menurut penelitian tahun 2006, ekstrak biji kopi hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada tubuh dan juga menurunkan berat badan, serta menurunkan komposisi lemak yang ada pada hati tikus. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan utama yang berfungsi untuk menurunkan berat badan ialah kafein dan juga asam klorogenat. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi hijau yang belum mengalami proses pemanggangan dapat dengan mudah diserap dan juga dicerna oleh tubuh.

  • Sebagai Antioksidan

Biji kopi hijau ini juga mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk mengurangi efek dari radikal bebas yang dapat merusak sel – sel dalam tubuh. Dengan adanya zat antioksidan dapat membantu anda agar tetap sehat dan mengurangi jumlah sel – sel yang rusak dalam tubuh. Berdasarkan penelitian tahun 2004, antioksidan pada klorogenat dalam biji kopi hijau dapat menghambat perkembangan dari sel kanker sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis penyakit kanker.

  • Menurunkan Hipertensi (Darah Tinggi)

Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat yang ada dalam green coffee juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi hijau setiap harinya akan membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga mengonsumsi biji kopi hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat dari kandungan kafein pada green coffee ini ialah untuk meningkatkan suasana hati dan memberikan efek positif pada sistem kerja otak. Berdasarkan penelitian pada tahun 2008 silam mengatakan bahwa kafein dapat digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus, memori, ketahanan tubuh, reaksi waktu, dan faktor lainnya yang berhubungan dengan kinerja kognitif tubuh. Dengan mengonsumsi kopi hijau sekitar 38 – 400 mg setiap harinya atau dijadikan ½ cangkir atau sekitar empat cangkir kopi yang sudah diseduh dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membantu sistem kerja kognitif pada tubuh.

Untuk anda yang ingin mengonsumsi green coffee sebagai obat untuk menurunkan berat badan secara alami, anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Namun memang tidak ada pengganti yang jauh lebih baik dari berolahraga secara rutin dan tetap menjaga pola makan serta gaya hidup sehat untuk bisa menjaga berat badan tetap ideal dan menyehatkan tubuh.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat dari green coffee. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *