Pelaksanaan Waktu Sholat Wajib

Posted on Posted in Berita

Sholat merupakan suatu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim kecuali jika ada halangan seperti menstruasi. Untuk anak-anak yang sudah baligh maka diwajibkan menjalankan ibadah sholat. Namun, juga tidak ada salahnya bagi orang tua mengajarkan anaknya untuk bisa sholat sejak usia dini. Hal ini untuk melatih anak paham dan terbiasa menjalankan semua kewajibannya. Untuk pelaksanaan waktu sholatdianjurkan untuk tepat waktu karena terdapat banyak pahala jika bisa dan selalu menuaikan sholat secara tepat waktu. Sholat secara tepat waktu termasuk dalam golongan waktu Fadhilah yang berarti seseorang yang ketika adzan menyegerakan untuk sholat maka akan mendapatkan fadhilah awal waktu.

pelaksanaan sholat wajib

Sholat wajib terbagi menjadi 5 yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Masing-masing telah ditetapkan ketentuan waktu sholatnya. Waktu sholat telah ditetapkan oleh Allah SWT sebagaimana yang telah tercantum dalam Alquran. Penegasan waktu untuk sholat wajib juga dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang terdapat dalam hadis-hadis dan juga pada amal perbuatannya. Penjelasan waktu untuk sholat wajib yang ada di Alquran dan Hadist sebenarnya berupa fenomena alam jadi memang akan sulit menentukan waktu untuk sholat di awal waktu jika cuacanya berbeda. Namun, Anda tetap bisa menjalankan ibadah sholat di awal waktu dengan mudah karena posisi matahari ketika memasuki awal waktu setiap hari dan sepanjang tahun mudah untuk diperhitungkan.

 

Untuk sholat shubuh dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Pengertian shubuh sendiri berarti permulaan hari. Jadi waktu pelaksanaan sholat shubuh mulai dari terbitnya fajar shodiq hingga matahari mulai menampakkan sebagian sinarnya. Sebaik-baiknya sholat shubuh akan lebih baik jika dilakukan secara berjamaah di masjid. Untuk waktu pelaksanaan sholat dzuhur dilakukan ketika matahari mulai condong ke arah barat. Untuk waktu sholat ashar ditandai jika panjang bayangan benda 2x dari bendanya. Untuk magrib dimulai dari matahari terbenam dan untuk isya dimulai dari cahaya merah yang hilang dari langit barat dan berakhir ketika telah terbit fajar shodiq.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *