Sisi Lain Budaya Toraja: Keunikan Upacara Pernikahan Toraja

Posted on Posted in Wisata

Tidak banyak yang mengetahui keunikan upacara pernikahan Toraja. Mungkin sebagian besar dari Anda menganggap tidak ada yang unik dari upacara pernikahan karena upacara pernikahan di mana pun tidak memiliki banyak perbedaan dengan upacara pernikahan pada umumnya. Namun, hal tersebut tidak berlaku dalam masyarakat Tana Toraja yang memiliki kekayaan budaya. Apa yang menurut Anda biasa saja, seperti upacara pernikahan, memiliki keunikan tersendri yang tidak dimiliki budaya lain.

Keunikan utama pernikahan Toraja yang memisahkannya dengan upacara pernikahan lainnya adalah upacara pernikahan dalam adat Toraja dianggap sakral sehingga pelanggaran peraturan akan berakibat pada pengasingan. Kesakralan tersebut membuat keseluruhan proses dilakukan oleh keluarga dari kedua pihak mempelai.

• Proses Pelamaran
Pada dasarnya, pernikahan dalam adat Toraja tidak mengenal istilah mas kawin. Pihak mempelai pria atau wanita tidak perlu memberikan barang kepada pihak lainnya apabila orang tua dari kedua belah pihak menyetujui masing-masing pasangan. Namun, wajib hukumnya bagi calon mempelai pria untuk memberikan mas kawin kepada keluarga calon mempelai wanita apabila hubungan mereka tidak disetujui. Dalam hal ini, mas kawin yang dimaksud adalah kerbau yang jumlahnya ditentukan berdasarkan kelas sosial calon mempelai wanita, semakin tinggi kelas sosial calon wanita, semakin banyak kerbau yang harus dipersembahkan.

• Proses Pernikahan Adat Toraja
Keunikan upacara pernikahan Toraja yang utama adalah klasifikasi upacara pernikahan yang dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan tingkat kemampuan dan kelas sosial keluarga calon mempelai. Upacara jenis pertama adalah Rompo Bobo Bannang yang sangat sederhana di mana calon mempelai pria bersama 2-4 orang pengantar mendatangi rumah calon mempelai wanita dan melamar. Upacara jenis kedua, Rompo Karo Eng, pada dasarnya sama dengan upacara jenis pertama, Perbedaannya, calon mempelai pria harus membawa sirih pinang. Upacara ketiga dan yang tertinggi, Rompo Allo, melibatkan iring-iringan besar dari calon mempelai pria dan penyembelihan babi oleh kedua calon mempelai.

Seperti prosesi lainnya, keunikan upacara pernikahan Toraja menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Tana Toraja exploretoraja.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *